Kamis, 10 September 2015

Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Menggugah Selera

Berkunjung ke Yogyakarta yang notabene adalah kota wisata sejarah tak lengkap bila tak menikmati berbagai sajian kuliner khas Yogyakarta. Anda wajib mendatangi tempat-tempat berikut untuk benar-benar merasakan legitnya panganan khas Kota Pelajar tersebut. Berikut beberapa tempat wisata kuliner di Jogja yang menggugah selera yang wajib Anda kunjungi.

Gudeg Pawon 
Terletak di Jl. Janturan No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Carinya jangan saat siang hari ya. Karena tempat makan ini mulai buka pukul 22.00 WIB. Kalau biasanya pembeli tinggal duduk di meja makan dan memesan melalui waitress-nya, maka di sini Anda yang harus rela mengantri menuju pawon (dalam bahasa Jawa berarti dapur) tempat pembuatan gudeg legendaris ini. Setelah mendapat giliran, Anda akan dilayani seorang laki-laki separuh baya yang akan menyiapkan nasi hangat, gudeg, sambal goreng, krecek, dan lauknya seperti telur dan daging ayam. Dengan cita rasanya yang gurih dan tidak terlalu manis, Gudeg Pawon termasuk dalam tempat wisata kuliner di Jogja yang menggugah selera dan terbukti banyak memikat hati banyak penikmatnya sehingga tak jarang pembeli yang rela mengantri demi seporsi nasi gudeg ini berasal dari luar kota.

Mangut Lele Mbah Marto
Butuh tantangan lain ketika ingin menikmati sajian khas Kota Sejarah Yogyakarta? Coba mampir ke Mangut Lele Mbah Marto yang merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang menggugah selera ini. Berada di Dusun Ngireng-ireng, Saraban, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta atau tepat di belakang Institut Musik Indonesia (ISI), warung ini membuat para penikmatnya rela tersesat demi seporsi mangut lele yang menggugah selera dan tak jarang dari banyaknya pembeli ini banyak yang berasal dari luar kota. Bahan-bahan dalam pembuatan mangut lele dipilih yang merupakan bahan segar dan didapatkan di wilayah sekitar Yogyakarta saja. Lelenya sendiri harus cukup umur sehingga dapat dinikmati dagingnya. Lebih lagi, proses pembuatannya bukan digoreng melainkan diasap dengan tujuan lebih tahan lama dan tidak mudah tengik. Kisaran harga antara Rp 14.000,00 hingga Rp 20.000,00 dengan jam buka pukul 11.00-16.00 WIB.

Bakmi Mbah Mo
Berada di Dusun Code, Bantul, Yogyakarta, tempat makan ini merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang banyak dikunjungi para wisatawan demi semangkuk bakmi lezat dan khas. Tempatnya yang sederhana bertolak belakang dengan cita rasa kuliner yang ditawarkan. Rasanya sedikit berbeda dengan bakmi jawa kebanyakan yang dijual disekitaran kota Yogyakarta, rasanya cenderung gurih bukan manis karena kecap. Masih ditambah kelezatannya dengan tambahan irisan sayur, daing ayam, telur bebek, dan sambal kecap. Tak heran bila destinasi wisata kuliner ini termasuk dalam tempat wisata kuliner di Jogja yang menggugah selera. Menu andalannya adalah bakmi godog, bakmi goreng, dan bakmi nyemek dengan kisaran harga Rp 12.000,00 hingga Rp 20.000,00. Selain berbagai bakmi yang ditawarkan, tempat ini juga menawarkan beberapa menu minuman khas yang dapat menghangatkan badan Anda, seperti teh hangat (yang cenderung sepat, bukan manis) dan wedang uwuh.


Jika Anda ingin pergi ke Jogja, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum seperti bus, kereta api, atau pesawat terbang. Jika Anda tidak memiliki kendaraan, Anda bisa menyewa mobil di beberapa tempat persewaan mobil. Salah satu rental mobil yang memiliki kredibilitas baik ialah City Home Rent Car. Rental mobil yang satu ini menawarkan berbagai macam armada mobil yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Anda bisa menyewa mobil Alphard, Avanza, Xenia, dan Luxio. Paket sewanya juga beragam, Anda bisa menyewa selama 12 jam dalam kota, 24 jam dalam kota, jemput di bandara, paket bulanan, lepas kunci, dan berbagai kebutuhan lainnya yang bisa Anda ajukan ke customer service City Home Rent Car. Ada juga supir berpengalaman dan profesional yang siap mengantar Anda kemana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar